11 Makanan Untuk Mengatasi Keputihan Pada Wanita

  1. Fakta Keputihan

Keputihan pada perempuan memang rata-rata dipengaruhi oleh faktor kebiasaan hidup bersih, baik itu dalam hal makanan, pakaian, serta perawatan tubuh. Tidak sedikit dari perempuan Indonesia yang mengeluhkan keputihan tidak normal. Padahal jika kita tahu sebenarnya hidup bersih dan higienis itu tidak mahal, dan bisa dilakukan kapan pun juga asal ada niat atau kemauan.

Kebiasaan yang sering terjadi yang menyebabkan perempuan saat ini banyak mengalami masalah tersebut adalah pada saat berpakaian. Mengapa demikian? Tidak usah membahas begitu jauh, contohnya pada mode trend berpakaian saat ini. Banyak sekali perempuan muda yang mengenakan celana ketat sehingga sangat sedikit sekali memberi ruang gerak serta sirkulasi udara dalam bagian daerah kewanitaan (miss V). Dengan sempitnya ruang gerak serta sedikitnya udara yang masuk membuat daerah kewanitaan menjadi mudah lembab.

Keadaan lembab pada miss V ini menyebabkan dampak yang sangat buruk, yaitu dengan hinggapnya jamur dan bakteri. Sehingga saat perubahan hormonal di mana sebelum masa menstruasi wanita mengalami keputihan, maka bakteri atau jamur yang hinggap pada area kewanitaan akan masuk ke bagian yang lebih dalam dan mempengaruhi proses keputihan pada wanita, dan kemudian terjadilah keputihan tidak normal dengan gejala area miss V menjadi mudah gatal.

Tidak hanya gatal saja yang akan dialami oleh perempuan yang menderita, tetapi dari segi bentuk cairan keputihan yang tidak normal juga akan terlihat dari sisi volume cairan yang keluar begitu banyak, kemudian warna dari keputihan tersebut adalah kuning dan hijau, serta bau yang tidak sedap akan dikeluarkan. Sehingga dari sinilah wanita harus mempedulikan kebiasaan hidup bersih. Kebersihanlah yang menjadi hal utama dan faktor utama bagi wanita untuk bebas dari keputihan tidak normal.

Bagi Anda kaum hawa yang sudah menjaga kebersihan dan ingin meningkatkan proteksi demi kesehatan miss V dan kesehatan bagian tubuh lainnya, kami memiliki info penting yang dapat membantu Anda dalam menjaganya. Seperti yang lalu sudah disebutkan bahwa faktor makanan juga punya pegaruh terhadap proses keputihan yang terjadi pada wanita. Oleh karena itu kami berikan sebelas makanan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam mengatasi keputihan tidak normal bagi Anda.

Berikut adalah beberapa daftar makanan yang bisa membantu masalah kewanitaan Anda,

  1. Buah Pisang

Mungkin bagi Anda para perempuan masih belum tahu jika seorang yang mengalami keputihan dipantang untuk mengkonsumsi gula berlebihan, karena glukosa mempunyai efek untuk memperbanyak volume keputihan yang keluar. Oleh karena itu dengan adanya pisang, maka gula yang sebelumnya biasa kita konsumsi dari kandungan makanan lainnya, akan digantikan dengan gula yang terkandung dalam buah pisang ini. Sehingga baik bagi Anda yang sudah terbebas dari keputihan maupun yang masih menderita keputihan bisa mengkonsumsi pisang, sehingga secara bertahap keputihan Anda bisa sembuh.

  1. Sayuran Hijau

Beberapa macam sayuran hijau mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan mempunyai fungsi untuk memubunuh bakteri serta jamur yang melekat pada tubuh kita. Sehingga jika Anda menderita penyakit keputihan dan ingin menormalkan keputhan, maka konsumsilah sayuran hijau yang mengandung antioksidan seperti daun pepaya, brokoli, daun ketela, bayam, dan sawi hijau. Beberapa sayuran tersebut sudah tebukti mengatasi masalah kewanitaan seperti keputihan, dan nyeri saat haid. Sehingga jangan ragu bagi Anda yang ingin hidup sehat alami untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

  1. Susu Steril

Maksud dari susu steril ini yaitu susu yang benar-benar tidak ada bahan campuran apapun, sehingga rasanya tawar dan alami. Kadar kalsium yang dimiliki oleh susu steril ini sangat tinggi sehingga dapat membantu pembuatan dinding luar daerah kewanitaan menjadi kuat dan sulit untuk dihinggapi jamur ataupun bakteri. Kemudian dengan kadar glukosa 0% sehingga membantu perempuan untuk mempercepat penyembuhan keputihan menjadi normal kembali.

  1. Susu Fermentasi (Yoghurt)

Tenyata sesuai dengan informasi medis, susu fermentasi atau yang sering disebut dengan yoghurt memiliki fungsi di dalam tubuh untuk mengontrol perkembangan jamur yang hendak membuat inang dalam tubuh khususnya jamur yang hinggap di daerah kewanitaan yang akhirnya bisa menyebabkan wanita menderita penyakit menular seksual. Dengan adanya yoghurt inilah resiko keputihan bisa dengan cepat untuk dikendalikan.

  1. Air Mineral

Banyak sekali fungsi dari kandungan air mineral (air putih) selain dari mengatur tekanan suhu tubuh. Salah satu fungsi untuk kesehatan organ kewanitaan yaitu adalah dengan membuang toksin yang sudah bercampur dengan darah. Toksin atau racun penyebab parahnya keputihan yang sudah masuk kedalam darah ternyata bisa dikontrol perkembangannya jika kita banyak untuk mengkonsumsi air putih dan kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin. Sehingga bagi Anda yang hanya mengalami gejala keputihan tidak normal bisa mencegahnya dengan minum air putih sebanyak-banyaknya.

  1. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi serta lemak jenuh

Jika ditelusuri dengan baik, orang bisa mengalami keputihan karena daerah kewanitaan terasa lembab sehingga kuman dan jamur suka dengan daerah tersebut dan membuat inang. Terjadinya kelembaban organ kewanitaan salah satunya adalah karena perempuan mengalami kegemukan di atas rata-rata (obesitas). Obesitas dapat timbul karena seseorang lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan lemak jenuh yang bercampur menjadi satu. Oleh karena itu bagi wanita yang memang sayang dengan penampilan Anda , serta menginginkan bebas dari keputihan yang tidak normal, hindari makanan seperti jeroan (Paru, Hati, Otak pada daging sapi atau kambing), serta sebagian besar jenis daging tinggi lemak.

  1. Mengkonsumsi Daun Sirih

Daun sirih yang memang merupakan ramuan herbal ini sudah terbukti sekali manfaatnya untuk mengatasi hal-hal yang berhubungan dengan masalah kewanitaan, salah satunya adalah keputihan. Oleh karena itu sudah banyak sekali produk-produk yang memang dijual di pasaran dengan bahan sirih sebagai obat kewanitaan. Jika Anda adalah perempuan yang tidak ingin mengambil resiko terhadap obat, maka Anda bisa mengkonsumsi daun sirih dengan cara meminum rebusannya secara rutin. Maka perlahan masalah keputihan Anda bisa diatasi.

8.Makanan yang Mengandung Bawang Putih

Hampir sama dengan fungsi susu fermentasi. Bawang putih memiliki fungsi yang sangat optimal untuk mencegah dan menghambat tumbuhnya jamur di daerah kewanitaan khususnya jamu kandida penyebab keputihan. Sehingga jika Anda ingin memaksimalkan kesehatan miss V, maka setiap Anda  memasak, tambahkanlah komposisi bawang putih dengan kuantitas yang lebih banyak. Sehingga, Anda bisa terbebas dari gangguan keputihan.

9.Buah-buahan yang Mengandung Vitamin C

Buah-buahan memang banyak memberikan kebaikan dari zat yang sudah terkandung. Sehingga, ada beberapa buah yang memiliki fungsi untuk membantu perempuan dalam mengobati masalah perempuan, yakni keputihan. Nanas, jeruk, dan sirsat merupakan contoh dari beberapa buah yang mengandung vitamin C sukup tinggi, sehingga buah tersebut sangat cocok sekali dikonsumsi perempuan yang khawatir akan bahaya berlanjut dari keputihan tersebut.

10.Daun Kunci

Bagi Anda yang masih asing dengan daun kunci, atau lebih familiar dengan sebutan “Brambang Kunci” memiliki fungsi bagus dalam membunuh bibit-bibit jamur kandida di daerah miss V. Biasanya daun kunci ini digunakan untuk campuran masakan bayam, sehingga bayam mempunyai rasa sedap dan segar. Cobalah untuk mengkombinasikan masakan Anda yang menurut Anda cocok dicampur dengan daun kunci, sehingga masalah keputihan Anda bisa dicegah dan diatasi.

  1. Mentimun (Timun)

Sudahkah Anda mencoba mengkonsumsi mentimun yang banyak digunakan untuk campuran makanan. Selain untuk mengurangi bau mulut dan membantu mencegah bau keringat tubuh kita, mentimun bisa mengurangi kelembaban di bagian yang sempit pada wanita, salah satunya selangkangan dan area miss V. Dengan mengkonsumsi mentimun secukupnya, maka keringat yang keluar di bagian miss V sehingga lembab dapat dikurangi. Sehingga, kemungkinan tumbuhnya jamur, bakteri dan virus dapat dicegah dengan cepat.

Dari beberapa jenis makanan yang sudah kami sebutkan adalah tips kesehatan bagi Anda para perempuan yang masih sering mengalami trouble kewanitaan. Akan tetapi, itu semua tentu saja kembali kepada Anda untuk tetap menjaga kebersihan miss V dan kebersihan tubuh Anda, sehingga badan menjadi sehat dan aktifitas bisa  lancar kembali. Semoga bermanfaat, dan Salam Herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *