Apakah Batu Ginjal Itu?

Beberapa kasus yang sudah banyak kita temukan dalam diagnosa oleh dokter jika tidak Jantung adalah Batu Ginjal. Namun kita tidak akan membahas dari kedua penyakit tersebut. Dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang Batu Ginjal. Pernahkah Anda merasakan hal yang sedikit aneh saat anda melakukan aktifitas, dan setelah itu belum lama Anda bergerak, sara sakit pada bagian pinggang yang tidak tertahankan kemudian saat buang air kecil, warna urine anda menjadi bening dan sedikit berkapur? Jika Anda mengalami hal tersebut, maka berhati-hatilah, karena itu memungkinkan Anda mengalami batu ginjal.

Apakah Itu Batu Ginjal?

Batu ginjal jika kita mempelajari baik dalam ilmu kedokteran maupun ilmu pengetahuan alam merupakan proses di mana sebuah zat kalsium yang terkandung dalam darah tidak bisa disaring oleh ginjal saat proses metabolisme tubuh sehingga  mengendap di bagian pelvis ginjal dan jika dibiarkan terlalu lama maka akan mengalami sebuah pengendapan hingga akhirnya menjadi benda yang mengeras yang disebut dengan batu ginjal.

Hindari dan Waspada Batu Ginjal.

Wajib bagi kita semua terhindar dari batu ginjal. Mengapa demikian? Jika batu ginjal menyumbat dan mengganggu kerja ginjal, maka yang terjadi adalah darah tidak tersaring dengan baik. Pada proses peredaran darah, darah akan membawa banyak kandungan seperti vitamin, protein dan kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh melalui proses kimia, yang kemudian mengalami oksidasi di mana hasil oksidasi adalah racun yang harus dikeluarkan. Hasil dari oksidasi yang dikeluarkan dari tubuh harus melewati seleksi kerja dari ginjal.  Kerja Ginjal adalah menyaring darah, dengan mengelompokkan zat-zat yang sudah tidak berguna akan tersaring keluar dalam bentuk urin maupun feses sedangkan yang masih berguna akan terus diedarkan keseluruh tubuh oleh darah.

Yang harus diwaspadai adalah apabila dalam tubuh kita terus beredar darah dengan kandungan-kandungan yang sudah tidak berguna, maka yang terjadi adalah racun yang terus menyebar di dalam tubuh Sehingga tubuh kita menjadi mudah terserang penyakit dan daya tahan tubuh menjadi menurun. Apabila kita sudah menderita batu ginjal, jangan ragu untuk melakukan cek ke dokter untuk mendapatkan solusi terbaik, karena jika Anda sudah kehilngan kerja fungsi dari Ginjal, maka akan terjadi komplikasi seperti jantung ,stroke dan yang lebih parah adalah gagal ginjal, dimana Anda harus melakukan cuci darah dengan periode yang sudah ditentukan oleh dokter, yang pastinya memakan biaya mahal, dan sifatnya sementara. Oleh karena itu jika Anda adalah seorang perkerja keras, jangan lupa untuk selalu minum air putih sebagai pengganti pelarut kalsium di dalam darah, karena dengan adanya air mineral yang masuk dalam tubuh, tekanan tubuh akan seimbang, dan kandungan kalsium dalam darah bisa terurai.

Kenali Gejala-gejala Batu Ginjal.

Secara umum gejala dari batu ginjal memang sulit untuk dikenali, karena hanya beberapa orang saja yang bisa dikenali apakah orang tersebut menderita batu ginjal, selain itu kita harus menggunkan langkah medis untuk mengetahui apakah kita menderita batu ginjal atau tidak.

Namun bagi Anda yang khawatir tentang kesehatan Anda, jangan takut karena batu ginjal mempunyai gejala-gejala yang terjadi secara umum yaitu seperti nyeri pada pinggang,sering muntah-muntah dengan kondisi badan terasa pucat, badan menggigil, demam, dan yang terkahir tidak kuat untuk melakukan aktifitas terlalu berat.

Tetapi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika saat anda buang air kecil dan urin Anda berwarna putih dengan kandungan kapur, atau bahkan urin Anda mengandung darah, maka cepatlah melakukan tindakan medis dan jangan ditunda. Timbulnya darah dalam kandungan urin Anda karena kalsium yang sifatnya keras dapat menyebabkan saluran uretra iritasi sehingga keluar sedikit atau banyak darah dalam kandungan urin yangv merupakan gejala utama Anda menderita batu ginjal.

Cara Mencegah yang Efektif

Untuk cara pencegahan sebenarnya sangat sederhana sekali, Anda tidak perlu repot-repot dengan mengeluarkan biaya yang sangat banyak untuk menghindari batu ginjal. Cara yang mudah dan efektif yaitu adalah rutin untuk minum air putih setiap harinya, dan jangan lupa untuk mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan makanan yang berprotein agar bisa terhindar dari batu ginjal. Kemudian yang perlu diingat adalah untuk merubah gaya hidup yang tidak sehat menjadi gaya hidup yang sehat serta tidak banyak mengkonsumsi obat-obatan yang membahayakan kerja fungsi ginjal sehingga ginjal anda tetap sehat.

Semoga Ulasan yang kami berikan ini bermanfaat bagi Anda, dan Anda bisa terus meningkatkan kualitas hidup sehat Anda sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit serius yang akhirnya bisa merusak impian dan masa depan Anda. Salam Herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *