Beli Atau Sewa Genset Sebaiknya Perhatikan Hal Berikut Ini!

Generator set atau yang disingkat menjadi Genset adalah sebuah mesin yang berfungsi sebagai cadangan listrik apabila terjadi pemadaman secara serentak oleh perusahaan listrik negara. Untuk beberapa perusahaan yang memiliki kebutuhan listrik cukup tinggi, pastinya memerlukan bantuan genset sebagai solusi instan apabila listrik mendadak mati. Sehingga kekhawatiran soal pekerjaan yang tak kunjung selesai bisa terselesaikan dengan baik.

Untuk mendapatkan mesin genset itu sendiri terdapat dua pilihan. Apakah sebaiknya Anda menyewa di tempat penyewaan genset atau membelinya di toko elektronik? Berikut ini adalah ulasan mengenai hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli atau menyewa genset. Yuk, simak penjelasannya.

Membeli Genset

Bagi Anda yang memiliki kebutuhan listrik yang sangat tinggi setiap harinya. Misalnya Anda memiliki kantor atau usaha di rumah Anda, membeli genset dengan harga murah sangat disarankan agar aktivitas yang dijalani tidak berhenti begitu saja ketika pemadaman listrik terjadi.

Apalagi untuk beberapa tempat seperti rumah sakit dan pabrik yang memang melakukan aktivitas setiap harinya. Ditambah aktivitas tersebut harus memerlukan listrik setiap harinya.

Dapat dibayangkan jika disana terjadi pemadaman lampu secara serentak, otomatis akan berakibat fatal. Kinerja para karyawan yang membutuhkan alat listrik jadi terganggu, hal ini akan berpengaruh pada perputaran uang terus dilakukan dalam hitungan menit.

Sebelum membeli genset ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini :

  1. Tentukan kebutuhan listrik di rumah atau kantor Anda terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan generator memiliki kapasitas daya yang wajib sesuai dengan kebutuhan listrik di rumah. Jika tidak sesuai akan menyebabkan korsleting atau kerusakan dengan cepat.
  2. Kenali Tipe dan Merk Genset yang akan dibeli supaya tidak terjadi kesalahan setelah pemakaian. Anda bisa melihat ulasan mengenai genset mencari tersebut sambil membandingkannya dengan genset merk lain dari segi keamanan, garansi, dan bahan bakar serta polusi yang dihasilkan.
  3. Kenali kebutuhan genset untuk kebutuhan rumah tangga berdasarkan tipenya, seperti standby genset yang dipasang secara permanen dan otomatis hidup ketika listrik padam, dan portable genset yang bisa digunakan di mana-mana tetapi memiliki suara bising.

Menyewa Genset

Namun, bagaimana jika genset hanya diperlukan sementara? Misalnya untuk acara bazar, resepsi pernikahan, konser musik, event tertentu di kantor, dan lain-lain. Sebaiknya, Anda tidak perlu repot membeli genset yang dipakai selama satu atau dua minggu saja. Tentu saja akan memerlukan banyak biasanya dan tidak praktis.

Maka, solusi yang tepat adalah menyewa genset, Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa penyewaan genset untuk keperluan acara dari skala besar maupun kecil. Dengan menyewa genset, Anda hanya memerlukan sekali pemakaian.

Berdasarkan ulasan di atas, kini Anda mengetahui bahwa sewa genset dan beli genset memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi, semua itu kembali lagi pada kebutuhan Anda. Apakah Anda ingin menggunakannya dalam jangka waktu panjang atau sebaliknya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *