Benarkah Minum Kopi Dapat Tingkatkan Risiko Sakit Jantung? Ini Faktanya

Ada anggapan di masyarakat kita bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi kopi akan memiliki risiko sakit jantung yang lebih tinggi. Hal ini didasari karena kopi dianggap dapat menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi, sehingga akan rentang pula terkena sakit jantung. Kemudian apakah asumsi yang beredar di masyarakat ini benar? Mari kita cek faktanya.

Seperti yang dilansir dari situs Liputan6.com, seorang dokter spesialis jantung telah menyanggah anggapan ini dengan ungkapan bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi kopi maksimal 3 gelas sehari tidak menyebabkan kondisi seperti yang dikatakan di atas. Alih-alih menyebabkan risiko penyakit, justru rutin minum kopi dengan batasan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan.

Dengan minum kopi, seseorang akan meningkatkan kadar anti oksidan dalam tubuh dan berfungsi untuk menekan beragam resiko penyakit, mulai dari diabetes, kanker, dan beragam penyakit lainnya. Selain itu, kopi juga dapat bermanfaat bagi seseorang yang sulit untuk focus dalam melakukan sesuatu. Karena diketahui bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan focus seseorang, serta memberikan rasa senang pada hati dan membuatnya tidak mudah stress.

Mungkin asumsi yang beredar pada masyarakat umum tersebut akan benar jika yang dimaksud minum kopi tersebut adalah dicampur dengan gula dan juga susu. Jika kopi diminum dengan campuran tersebut, tentu saja akan beresiko membuat kadar gula dalam darah menjadi meningkat dan berisiko menyebabkan penyakit seperti Diabetes.

Selain itu, bagi seseorang yang memiliki masalah lambung sensitive juga sebaiknya menghindari mengkonsumsi kopi, karena kopi memiliki sifat asam yang dapat memicu sakit lambung dan dapat berdampak pada gangguan lainnya, seperti sesak napas, hingga berdebar-debar berlebihan. Hal inilah yang terkadang dianggap oleh banyak orang sebagai sakit jantung, karena gejala yang ditimbulkannya hampir mirip.

Jika kamu tidak memiliki riwayat sakit lambung, tentu saja minum kopi tidak akan menjadi masalah selama kamu tidak melebihi batas wajar.  Oleh karena itu, jika kamu ingin mengkonsumsi kopi, ada baiknya untuk menyeduhnya maksimal dua gelas perhari dan diseduh tanpa gula. Waktu yang tepat untuk minum kopi adalah sekitar jam 10 pagi setelah perut kamu terisi, sehingga kamu dapat bekerja dengan lebih focus.

Jadi, setelah mengetahui fakta di atas, kini kamu tidak perlu lagi khawatir untuk mengkonsumsi kopi. Terakhir, bagi anak-anak ada baiknya untuk menghindari minum kopi terlebih dahulu, karena dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan pada pola tidur mereka. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *