Cara Deteksi Adanya Penyakit Dalam Secara Mandiri di Rumah

Terkadang beberapa penyakit memang ada yang menunjukkan gejala, ada juga yang tidak. Mungkin, kerap kali gejala itu sudah muncul tetapi Anda masih belum menyadarinya. Apalagi, untuk penyakit dalam yang tidak dapat dilihat secara fiisk oleh mata. Dibandingkan dengan penyakit luar yang bisa dilihat oleh mata secara langsung. Sebenarnya, Anda bisa langsung mendeteksinya dengan alat kesehatan yang sudah tersedia di pasaran. Akan tetapi, Anda juga bisa mendeteksi ada atau tidaknya penyakit dalam dengan perubahan tubuh Anda yang tidak seperti biasanya. Biasanya bagian tubuh akan merespon gejala-gejala apabila memang benar ada penyakit dalam yang tidak diketahui sebelumnya. Inilah beberapa cara deteksi adanya penyakit dalam lewat bagian tubuh :

  1. Lidah

Lidah bisa menjadi salah satu penunjuk adanya penyakit atau tidak. Misalnya saja lidah yang lapisannya berwarna putih bisa berarti kekurangan cairan tubuh. Lidah yang berwarna kuning bisa diartikan panas tubuh sedang berlebihan. Sedangkan lidah yang berwarna keunguan bisa terjadi karena disebabkan oleh peredaran darah yang kurang lancar.

  1. Kuku

Cara deteksi adanya penyakit dalam juga bisa dilakukan dengan mengecek kuku Anda. Apabila kuku tangan Anda berwarna kuning, maka ada sangkut pautnya dengan gangguan pada liver atau kelainan pada hati. Kuku yang berwarna biru menandakan gejala penyakit jantung. Selain itu, warna kuku yang pucat mengindikasikan Anda sedang kekurangan darah atau anemia.

  1. Telapak tangan

Telapak tangan yang berkeringat berlebihan secara terus-menerus ternyata merupakan gejala dari gangguan kelenjar tiroid atau penyakit jantung. Sedangkan telapak tangan yang memerah mungkin bisa terjadi karena disebabkan pelebaran pembuluh darah ketika merespon ketidakseimbangan hormon yang dipicu dari kerusakan hati.

Nah, itulah beberapa cara deteksi adanya penyakit dalamĀ  secara mandiri. Penyakit memang datang secara tiba-tiba, perlu adanya mawas diri untuk mengenali gejala-gejala yang nampak pada tubuh sebelum pergi ke dokter. Jika sudah merasakan perubahan fisik pada diri Anda, maka lebih baik ditindak lanjuti dengan segera pergi melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapat diagnosa hasil yang lebih akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *