Cara Mencegah Penularan Penyakit Hepatitis

Penyakit hepatitis adalah penyakit yang ditandai dengan terjadinya peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus dan hal lain. Jenis virus hepatitis yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Tiap jenis hepatitis memiliki metode penyebaran berbeda. Hepatitis A bisa ditularkan melalui makanan atau air minum yang terkontaminasi tinja dari penderita hepatitis A. Hepatitis E penularannya dari kontaminasi pada sumber air. Hepatitis B dan C melalui kontak fisik melalui cairan tubuh, seperti air liur, darah, cairan vagina, dan mani, sedangkan Hepatitis D merupakan tingkat lanjut dari Hepatitis B.

Berikut cara mencegah penularan penyakit hepatitis.

  • Vaksinasi

Penularan virus Hepatitis A dan B dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi. Vaksin ini dapat dilakukan dalam satu kali vaksin atau dalam waktu vaksin yang berbeda.

  • 2.Kenakan Pelindung Tubuh

Jika sedang melakukan perawatan terhadap penderita, disarankan menggunakan pelindung seperti sarung tangan dan masker. Benda-benda yang berpotensi terkontaminasi antara lain perlengkapan tidur dan peralatan di kamar mandi.

  • Memperhatikan Konsumsi Makanan dan Minuman

Memperhatikan asal dan cara pengolahan makanan sangat penting dilakukan. Selain itu, kebersihan sumber air juga perlu diperhatikan.

  • Kebiasaan Mencuci Tangan

Biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum dan sesudah makan, setelah membuang sampah, menggunakan toilet, serta saat pulang dari beraktivitas.

  • Hindari Berbagi Barang Pribadi

Sebaiknya hindari berbagi barang pribadi, apalagi dengan penderita hepatitis. Hal ini untuk mencegah kontak melalui alat-alat tersebut.

  • Kurangi konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati dan terjadi peradangan. Alkohol dapat langsung melukai sel-sel hati.

  • Hati-hati dengan penggunaan jarum

Jarum atau peralatan medis lain yang tidak steril dapat menjadi sarana penyebaran dari hepatitis. Hal ini harus diwaspadai terutama oleh tenaga medis yang melakukan kontak langsung dengan penderita hepatitis.

  • Lakukan hubungan seksual yang aman

Disarankan untuk mengetahui riwayat penyakit pasangan. Sebaiknya melakukan hubungan seksual dengan menggunakan kondom.

Demikian 8 langkah mencegah penularan penyakit hepatitis. Langkah pencegahan penting dilakukan mengingat betapa risiko penularan penyakit ini tinggi dan berakibat cukup signifikan. Tindakan preventif akan meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai penularan penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *