Kenali Gelaja Awal Penyakit Diabetes

Siapa sih yang belum pernah dengar penyakit diabetes? Pastinya kita semua sudah tidak asing dengan penyakit yang satu ini. Penyakit yang disebabkan oleh organ pankreas yang tidak dapat memproduksi cukup insulin atau juga karena tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. Hal tersebut menyebabkan kadar glukosa (gula darah) meningkat atau di atas normal. Tingginya gula darah mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah, mata, ginjal, bahkan saraf kita. Tidak terkontrolnya kadar gula dalam jangka waktu yang lama akan beresiko pada terjadinya penyakit  komplikasi.

Sebagian besar orang tidak menyadari gejala-gejala yang timbul dari penyakit diabetes. Berikut ini beberapa gejala awalnya:

  • Intensitas buang air kecil yang sering. Seringnya buang air kecil disebabkan karena ginjal tidak dapat menyerap glukosa sehingga produksi urin meningkat.
  • Mudah lapar dan kelelahan. Apabila tubuh tidak bisa menghasilkan cukup urin, maka glukosa tidak dapat diubah menjadi energi yang berakibat pada rasa lapar dan mudah lelah.
  • Mulut terasa kering dan gatal. Cairan dalam tubuh banyak yang diubah menjadi urin, akibatnya kelembaban tubuh menjadi berkurang sehingga tubuh mengalami dehidrasi yang membuat mulut terasa kering dan gatal.
  • Penglihatan kabur. Adanya perubahan kadar cairan dalam tubuh dapat mengakibatkan pembengkakan pada lensa mata yang berujung pada mata tidak dapat fokus dalam melihat / kabur.
  • Tekanan darah selalu tinggi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa hampir setengah dari penderita hipertensi memiliki diabetes yang cepat berkembang.

Lima gejala diatas mungkin beberapa diantaranya sering dirasakan tetapi tidak kita sadari bahwa itu adalah gejala awal adanya diabetes.

Mencegah adanya penyakit diabetes adalah hal penting yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Dimulai dari hal sederhana seperti, menerapkan pola makan sehat, rutin berolahraga, menjaga berat badan agar tetap ideal, jangan sampai stres dan rutin melakukan pengecekan gula darah. Jika kita sudah menerapkan hidup sehat sedari dini maka segala penyakit akan sulit bersarang pada tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *