Kenali Penyakit Dalam yang Sering Dialami Seseorang

Apasih yang dimaksud dengan penyakit dalam? Penyakit dalam adalah penyakit di dalam tubuh yang dialami seseorang dengan merasakan gejala-gejala yang ada. Dokter yang menangani penyakit jenis ini disebut dokter spesialis penyakit dalam atau sering dipanggil sebagai internist. Diantara banyaknya penyakit dalam, ada beberapa penyakit yang dimasukkan ke dalam kategori ilmu disiplin penyakit dalam. Antara lain bidang hematologi yang berkaitan dengan hubungan penyakit dalam darah, bidang endokrin-metabolik-diabetes yang berhubungan dengan metabolisme tubuh, bidang pulmonologi yang berhubungan dengan gangguan sistem pernapasan, dan masih banyak bidang lainnya yang menangan penyakit dalam. Kenali beberapa contoh penyakit dalam yang sering dialami seseorang berikut ini:

  1. Anemia

Anemia merupakan kondisi dimana seseorang kekurangan sel darah merah atau sel darah merah tidak bekerja dengan baik. Penyakit ini termasuk ke dalam penyakit dalam di bidang hematologi. Penderita anemia akan terlihat pucat dan sering merasa kelelahan. Anemia bisa terjadi apabila kadar hemoglobin berada di bawah nilai yang semestinya. Solusi untuk penderita anemia adalah dengan rutin mengkonsumsi zat besi, transfusi darah, dan lain sebagainya.

  1. Diabetes

Penyakit dalam yang sering dialami seseorang salah satunya yaitu diabetes. Diabetes tergolong penyakit dalam di bidang endokrin-metabolik-diabetes. Diabetes merupakan kondisi dimana kadar gula (glukosa) seseorang tinggi atau berlebihan. Glukosa yang menumpuk di dalam darah karena tidak bisa diserap sel tubuh dengan baik, maka bisa menimbulkan gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak ditangani dengan baik, bisa jadi timbul komplikasi yang membahayakan penderita.

  1. Asma

Asma merupakan gangguan pernapasan yang termasuk penyakit dalam di bidang pulmonologi. Asma ditandai akan penyempitan dan peradangan saluran napas sehingga menyebabkan sulit bernafas. Selain itu, gejala lain yang bisa dialami penderita asma yaitu dada sesak, batuk-batuk, dan lain sebagainya. Semua golongan baik muda sampai tua bisa mempunyai kemungkinan menderita asma.

Poin-poin di atas adalah contoh penyakit dalam yang sering dialami seseorang. Apabila Anda termasuk ke dalamnya, langkah pengobatan yang tepat adalah segera mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk konsultasi lebih lanjut. Bagi Anda yang masih sehat tanpa penyakit apapun, tetap waspada akan gejala-gejala yang sewaktu-waktu bisa Anda rasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *