Macam-macam Penyakit Dalam Paru-paru

Paru-paru adalah salah satu organ dalam tubuh manusia yang memiliki peran utama mengatur sistem pernapasan makhluk hidup. Terutama pada manusia, paru-paru juga menjadi tempat terjadinya respirasi. Respirasi merupakan proses pergantian oksigen berasal dari luar tubuh dan karbondioksida dari darah. Apabila fungsi paru-paru terganggu dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan pernapasan. Alhasi, penyakit-penyakit berikut ini akan mengidap dalam tubuh manusia.

Penyakit Dalam Paru-Paru Paling Berbahaya

  1. Pneumonia

Pneumonia merupakan penyakit mengerikan yang dapat menyerang tubuh manusia. Dapat dikatakan paru-paru basah atau radang paru-paru. Apabila tidak ditangani oleh medis bisa berujung kematian, selain itu pneumonia juga menular.

  1. Efusi Pleura

Dikategorikan sebagai salah satu penyakit paru-paru paling mengganggu. Efusi Pleura menyebabkan merendamnya dua membran (pleura) yang berada disekeliling paru-paru kiri dan kanan. Pleura berfungsi sebagai pelumas paru-paru supaya berkontraksi dan mengembang. Orang-orang paling beresiko terkena Efusi Pleura adalah pengidap penyakit jantung dan TBC.

  1. Pneumotoraks

Mirip dengan Efusi Pleura, tetapi Pneumotoraks mengganggu pleura karena adanya kerusakan pada pembuluh darah alveolus. Dampaknya pleura dapat menerima udara yang terhidup oleh pernafasan, namun tidak dapat mengeluarkannya. Penyakit berbahaya ini juga sering dipicu karena asma dan bagian tulang rusuk yang patah.

  1. Obstruktif Kronis

Obstruktif kronis juga dikategorikan sebagai bronkitis kronis dan emfisema. Apabila dibiarkan tanpa penanganan medis dalam jangka waktu lama bisa merusak jaringan dalam paru-paru. Penderita penyakit ini awalnya mengalami sesak napas seperti asma dan semakin lama akan bertambah berat.

  1. Emfisema

Penyakit ini juga dikategorikan berbahaya karena mengakibatkan alveoli penderita menjadi rusak. Akibatnya tubuh tidak memperoleh pasokan oksigen yang cukup. Emfiema biasanya diidap oleh perokok aktif.

  1. Silikosis

Silikosis merupakan penyakit paru-paru yang timbul karena lingkungan kerja yang buruk. Salah satunya pekerjaan berkaitan dengan bangunan atau konstruksi. Penyebab seseorang menderita silikosis karena debu silika bangunan. Setiap hari para pekerja ini akan menghidup debu-debu silika hingga lama kelamaan mengendap dan menempel pada paru-paru.

  1. Tuberkulosis (TBC)

TBC merupakan penyakit pernapasan yang banyak diidap orang Indonesia. Penyebab penyakit Tuberkulosis ini berasal dari bakteri Mycrobacterium tuberculosis. Apabila penderita TBC sudah level kronis bisa menularkan pada orang lain hingga berujung kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *